Dapatkan penawaran khusus dari kami!

   +62 821 8888 0855   Jakasetia, Bekasi

BlogISO 2700111 Poin Persiapan Audit Surveillance ISO 27001

11 Poin Persiapan Audit Surveillance ISO 27001

Audit surveillance ISO 27001 adalah audit pada keamanan infromasi yang telah Anda diterapkan setelah Anda mencapai kepatuhan terhadap standar ISO, untuk memastikan bahwa organisasi Anda tetap mengikuti standar tersebut sepanjang waktu. Dengan kata lain, audit surveillance atau pengawasan ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa organisasi Anda masih memenuhi janji yang dibuat ketika Anda pertama kali menerima sertifikasi ISO 27001.

Audit surveillance atau pengawasan kemudian akan dilakukan dalam dua tahun berikutnya dari periode tiga tahun tersebut. Pada tahun ketiga, sertifikasi asli Anda akan habis masa berlakunya, dan prosesnya dimulai dari awal lagi dengan sertifikasi ulang.

Di dalam artikel ini kami akan membahas tentang kenapa audit surveillance ISO 27001 itu penting, daftar periksa audit surveillance ISO 27001, dan Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk Surveillance ISO 27001.

Tujuan Audit Surveillance ISO 27001

Agar sertifikasi tetap valid dan untuk memastikan prosedur keamanan informasi organisasi update dan efisien, audit pengawasan ISO 27001 sangat penting. Ini menjamin bahwa SMKI organisasi terus mematuhi standar internasional ISO 27001 dan menawarkan penilaian SMKI secara berkala. Audit pengawasan juga menunjukkan komitmen organisasi dalam menegakkan keamanan informasi dan perbaikan berkelanjutan.

Daftar Periksa Audit Surveillance ISO 27001

Auditor menggunakan daftar periksa audit pengawasan ISO 27001 sebagai alat untuk memastikan bahwa semua persyaratan standar telah dipenuhi. Daftar ini mencakup item-item seperti:

  • Apakah SMKI organisasi terdokumentasi dan terupdate?
  • Apakah organisasi telah melakukan penilaian risiko?
  • Apakah seluruh karyawan memahami kewajiban dan tugasnya dalam melaksanakan SMKI?
  • Apakah organisasi telah menerapkan pengendalian yang tepat untuk mengatasi risiko yang teridentifikasi?
  • Apakah perusahaan telah mengaudit SMKI secara internal secara rutin?

Persiapan Audit Surveillance ISO 27001

Mempersiapkan audit surveillakce ISO sangat penting untuk memastikan hasil audit yang positif dan kepatuhan berkelanjutan terhadap standar ISO. Berikut ini adalah tahapan penting yang dapat membantu persiapan efektif organisasi Anda:

  1. Tinjau hasil audit sebelumnya: Mulailah persiapan Anda dengan meninjau secara cermat kesimpulan audit pengawasan sebelumnya dan langkah-langkah perbaikannya. Verifikasi bahwa setiap ketidaksesuaian yang ditemukan telah diselesaikan dengan tepat, dengan menyoroti dedikasi Anda terhadap pengembangan berkelanjutan.
  2. Perbarui Dokumentasi: Pastikan semua dokumentasi akurat dan terkini pada sistem manajemen ISO Anda. Ini termasuk instruksi kerja, catatan, kebijakan, dan prosedur. Revisi terhadap sistem atau prosedur harus tercermin dengan tepat dalam dokumentasi.
  3. Lakukan Audit Internal: Sebelum audit pengawasan, lakukan audit internal secara proaktif terhadap sistem manajemen mutu Anda. Tahap ini memfasilitasi audit pengawasan yang lebih lancar dengan membantu mengidentifikasi kemungkinan masalah atau ketidaksesuaian yang mungkin memerlukan tindakan perbaikan.
  4. Pelatihan Karyawan: Memberikan pelatihan sebagai prioritas utama untuk menjamin bahwa seluruh anggota staf memiliki pengetahuan tentang kewajiban dan fungsinya terkait dengan sistem manajemen ISO. Mempertahankan kepatuhan memerlukan peningkatan kesadaran dan pemberian pelatihan.
  5. Mempersiapkan Informasi Terdokumentasi: Kumpulkan dengan cermat semua dokumentasi yang diperlukan untuk audit pengawasan. Hal ini mencakup pencatatan audit pengawasan sebelumnya, pencatatan tindakan perbaikan, dan penyajian bukti kepatuhan berkelanjutan.
  6. Tinjauan Manajemen: Berikan sistem manajemen ISO Anda evaluasi tingkat manajemen secara menyeluruh. Menilai kinerja sistem, mencari area untuk dikembangkan, dan menangani perubahan organisasi atau strategi apa pun yang mungkin berdampak pada kepatuhan.
  7. Rapat Pra-Audit: Atur pertemuan dengan tim audit atau auditor utama sebelum audit pengawasan. Hal ini menjamin pengalaman yang lebih lancar dengan memberi Anda kesempatan untuk membicarakan ruang lingkup audit, menjawab pertanyaan apa pun, dan memahami prosedur audit dengan lebih baik.

Untuk informasi terkait kebutuhan Anda

Silahkan hubungi kami melalui WhatsApp

  1. Pemeriksaan Kepatuhan Terhadap Peraturan: Pantau setiap modifikasi terhadap undang-undang industri atau standar ISO secara berkala. Periksa untuk melihat apakah dokumentasi dan prosedur Anda cocok dengan perubahan ini. Mempertahankan kepatuhan memerlukan kepatuhan terhadap peraturan terkini.
  2. Penerapan Tindakan Perbaikan: Pastikan bahwa tindakan perbaikan yang belum dilakukan dari audit sebelumnya telah dilaksanakan dan verifikasi keefektifannya. Selama audit pengawasan, berikan bukti langkah-langkah perbaikan ini untuk menunjukkan bahwa Anda berkomitmen untuk menyelesaikan masalah yang ditemukan.
  3. Latihan Simulasi: Untuk memperkenalkan anggota staf dengan prosedur audit, bila memungkinkan, lakukan simulasi atau simulasi audit. Tindakan preventif ini membuat tim lebih siap menghadapi audit dengan membantu mengidentifikasi kemungkinan kesenjangan kepatuhan.
  4. Akses Dokumentasi: Pastikan tim audit dapat dengan mudah mengakses semua catatan relevan dan area yang harus mereka periksa. Sederhanakan prosedurnya sehingga mereka dapat memeriksa sistem Anda, sehingga memungkinkan evaluasi yang lebih efektif dan komprehensif.

Pendampingan Audit Surveillance ISO 27001, Osi Konsultan selain berpengalaman dalam pendampingan Sertifikasi ISO 27001, kami siap mendapingi organisasi Anda mempersiapkan sudit surveillance. Mulai dari refresh pengetahuan sampai penyiapan dokumentasi ISO 27001.

FAQ

Apa perbedaan Audit Surveillance dengan Audit Awal?

Audit sertifikasi ISO 27001 awal berfokus pada penilaian kesiapan organisasi untuk sertifikasi. Ini secara menyeluruh memeriksa semua aspek implementasi SMKI. Sebaliknya, audit pengawasan dilakukan secara rutin setelah sertifikasi untuk memastikan kepatuhan dan efektivitas SMKI yang sedang berlangsung.

Apakah audit surveillance wajib?

Ya, setelah Anda mendapatkan sertifikasi ISO, pemeriksaan ini wajib dilakukan untuk memastikan bahwa semua proses berfungsi sebagaimana disebutkan atau sebagaimana mestinya.

Hubungi kami untuk informasi konsultasi



Konsultasikan Kebutuhan Anda!

Kami siap membantu dan mendampingi organisasi Anda untuk berbagai kebutuhan. Hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut. 

osi konsultan

Delivering Professional Services

© 2024 · All Rights Reserved

× Hubungi melalui WhatsApp
popup bappebti iso 27001