Dapatkan penawaran khusus dari kami!

   +62 821 8888 0855   Jakasetia, Bekasi

BlogBRCGSPersyaratan Standar ISO Untuk Ekspor Makanan

Persyaratan Standar ISO Untuk Ekspor Makanan

standar iso untuk persyaratan ekspor makanan

Jika Anda memiliki produk makanan dan bertujuan masuk kedalam pasar ekspor, maka anda wajib mengenali beberapa standar umum yang dibutuhkan para importir asing. Mayoritas pembeli (buyer) komoditi ekspor kita di berbagai negara adalah perusahaan importir, seringkali berbeda dengan pengguna akhir dari produk. Pengguna akhir (consumer), justru merupakan klien dari importir tersebut. Sehingga importir sangat membutuhkan kepastian dalam KUALITAS produk makanan, yang tercermin dari kepemilikan SERTIFIKAT yang menjadi bukti bahwa suatu produk atau persahaan sudah memenuhi standar tertentu.

Berikut adalah beberapa STANDAR ISO untuk produk makanan yang sering ditanyakan oleh importir.

Jenis Standar

Tujuan

Standar Yang Paling Diakui

System Pertanian Makanan

Menunjukkan ke konsumen bahwa proses pertanian meminimalisir penggunaan bahan kimia dan bertanggungjawab terhadap petani dan hewan

GLOBAL G.A.P

Sistem Manufaktur Makanan

Memastikan keamanan proses produksi, pengemasan, penyimpanan, sampai distribusi produk makanan

HACCP

GMP

ISO 22000

FSSC 22000

BRCGS

System Manajemen Kualitas

Secara konsisten mendapatkan kepuasan dari konsumen terhadap produk atau jasa

ISO 9001

System Manajemen Lingkungan

Menunjukkan bahwa Perusahaan bertanggung jawab terhadap lingkungan

ISO 14001

System Ketenagakerjaan

Memastikan kesejahteraan karyawan dan menunjukkan akuntabilitas sosial

SA 8000

System Kesehatan Dan Keselamatan Kerja

Menyediakan tempat kerja yang aman bagi karyawan dengan mengelola risiko Kesehatan dan keselamatan kerja

ISO 45001

Beberapa pelaku UKM Indonesia menemukan kendala dalam menawarkan pembeli atau importir di negara lain. Apakah kendala itu? Jawabannya adalah sertifikasi. Kita semua sudah mengetahui bahwa untuk memperoleh sertifikasi tersebut membutuhkan proses panjang. Tetapi, banyak pelaku UKM yang tidak mengetahui apa yang perlu dipersiapkan. Bahkan, banyak yang bingung mengenai apa saja standar-standar umum tersebut. Akibatnya tidak banyak UKM yang mampu untuk memenuhinya, padahal sertifikasi adalah tahapan terakhir dari implementasi standar umum tersebut. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempelajari dan memulai penerapan standar – standar tersebut di usaha kita.

Untuk informasi terkait kebutuhan Anda

Silahkan hubungi kami melalui WhatsApp

Jenis Standar ISO Untuk Industry Makanan

Standar-standar umum yang dibutuhkan untuk mengekspor produk makanan, selain standar-standar umum yang sudah dibahas sebelumnya, relatif mengenai sistem pertanian dan manufaktur produk makanan. Disini, standar umum tidak hanya meningkatkan kualitas, tapi juga meningkatkan keamanan produk makanan. Berikut adalah standar-standar ekspor yang umum pada industri makanan.

Sistem Pertanian Makanan

Standar sistem pertanian makanan (atau sering disebut Good Agricultural Practice) memastikan bahwa makanan diproduksi dalam pertanian yang meminimalisir dampak lingkungan dan penggunaan bahan kimia melalui kesejahteraan petani dan hewan yang terlibat dalam proses produksi. Salah satu standar GAP yang paling diakui di pasar ekspor adalah GLOBAL G.A.P yang dikembangkan oleh industri retail makanan di Eropa. Standar ini Ini dapat diterapkan di berbagai produk pertanian di seluruh dunia. Sehingga, kebutuhan pasar di mayoritas negara mengenai proses praktek pertanian sudah tercakup disini.

Sistem Manufaktur Makanan

Sistem manufaktur makanan menekankan keamanan pada empat elemen dalam proses manufaktur makanan, yaitu produksi, pengemasan, penyimpanan, dan distribusi. Standar yang paling penting disini adalah sistem HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Points) dan GMP (Good Manufacturing Practice). Bahkan, beberapa negara mewajibkan HACCP dan GMP sebagai standar dalam proses pengolahan produk makanan. Ini wajar dikarenakan HACCP dan GMP dipercaya membantu dalam meminimalisir resiko dalam proses pengolahan makanan dan meningkatkan keamanan produk. Oleh karena itu, para pelaku UKM yang mengimplementasikan sistem HACCP dan GMP akan memiliki peluang yang lebih tinggi untuk dapat mengekspor produk makanannya.

Namun HACCP dan GMP terkadang belum cukup untuk dapat diterima dalam pasar ekspor. Terdapat beberapa standar lain yang umumnya diinginkan oleh para pembeli/importir dalam sistem manufaktur makanan, seperti ISO 22000, FFSC 22000 ,dan BRC Global Standards.

Untuk informasi terkait kebutuhan Anda

Silahkan hubungi kami melalui WhatsApp

Apakah UKM bisa dan perlu menerapkan standar system manajemen untuk mengekspor?

Terdapat banyak persepsi yang salah mengenai standar sistem manajemen bagi UKM, diantaranya:

  1. Sulit diimplementasikan oleh UKM

Faktanya, berbagai standar sistem manajemen dapat digunakan oleh berbagai skala usaha. Bahkan, beberapa standar ini dapat dijalankan oleh usaha dengan satu karyawan. Apalagi UKM lebih mudah untuk mengimplementasikannya karena lini organisasi pendek serta tugas dapat didefinisikan dan dikomunikasikan lebih mudah.

  1. Biaya yang besar untuk mengimplementasikan

Memang terdapat berbagai komponen biaya dalam mengimplementasikan ISO. Selain biaya sertifikasi, terdapat biaya training, dokumentasi, fasilitas, jasa pendukung, dan lainnya.

Faktanya, Meskipun terdapat biaya yang cukup besar, UKM akan mendapatkan manfaat yang mencegah segala risiko kerugian kedepannya. Bahkan, saat ini biaya sertikasi sudah menurun karena makin banyaknya institusi sertifikasi.

  1. Memerlukan jasa konsultan untuk mengembangkan sistem

Memang membayar konsultan akan berguna ketika karyawan tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan mengenai standar sistem manajemen tertentu.

Namun, jika sistem ini dikembangkan langsung oleh karyawan bersama-sama, maka akan lebih efektif untuk diaplikasikan kedepannya karena adanya rasa kepemilikan. Terdapat banyak material yang disajikan oleh ISO, BSN, dan organisasi terkait lainnya melalui situsnya.

  1. Memerlukan banyak dokumentasi

Terkadang perusahaan merasa sulit ketika diminta untuk mendokumentasikan proses dan melakukan pencatatan. Apalagi untuk proses sertifikasi, dokumentasi ini sangatlah dibutuhkan. Akan tetapi, sebetulnya tidak diperlukan untuk mendokumentasikan semua proses, tapi bisa dilakukan untuk proses yang wajib saja bagi suatu standar. Selain itu, dokumentasi ini bisa disimpan dalam file digital sehingga tidak memerlukan banyak kertas.

Berbagai Manfaat dan Biaya

UKM akan memiliki banyak manfaat dari implementasi dan sertifikasi sistem manajemen di pasar ekspor. Berikut adalah beberapa manfaat tersebut:

Mengurangi hambatan ekspor: Dengan meningkatnya persaingan di pasar ekspor, maka saat ini kebanyakan perusahaan importir membeli produk hanya dari supplier yang memiliki kualitas yang jelas yang tercermin dari sertifikasi sistem manajemen.

Meningkatkan citra: UKM yang mengimplementasi sistem manajemen, apalagi memiliki sertifikasi, dapat menunjukkan kualitas tinggi pada produknya. Ini jelas akan meningkatkan citra yang kuat bagi pembeli/importir.

Harga yang lebih kompetitif: Implementasi beberapa standar sistem manajemen akan meningkatkan efisiensi bisnis pada pemakaian bahan baku dan segala sumber daya. Sehingga, ini akan membuat UKM dapat menurunkan biaya produksi yang akan juga membuat harganya lebih terjangkau.

Meskipun banyak manfaat dari penerapan standar sistem manajemen, berikut adalah komponen-komponen biaya yang perlu dipersiapkan UKM dalam mengimplementasikannya.

Biaya Pengembangan: Terdiri dari pembelian material-material untuk training ke karyawan, penilaian kondisi pemakaian sumber daya dan produksi limbah, pembuatan dokumen-dokumen (seperti kebijakan dan prosedur), dan lainnya.

Biaya Konsultasi: Terdiri dari evaluasi, pembuatan dokumen, dan training

Biaya Sertifikasi: Terdiri dari pendaftaran, audit sertifikasi, audit pengawasan.

Hubungi kami untuk informasi konsultasi



Konsultasikan Kebutuhan Anda!

Kami siap membantu dan mendampingi organisasi Anda untuk berbagai kebutuhan. Hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut. 

© 2024 · All Rights Reserved

× Hubungi melalui WhatsApp
popup bappebti iso 27001